MAR singkatan "Märchen Awaken Romance", adalah serial manga yang dibuat oleh mangaka Nobuyuki Anzai. yang mengarang komik Flame of Recca. dan sudah beredar serial televisi yang berjudul MAR Heaven, Dan mulanya disiarkan di Jepang pada stasiun TXN.dan dirilis game untuk Nintendo DS (fighting), GBA (RPG petualangan), dan PS2 (duel).

Bercerita dari seorang anak smp yang bernama Ginta Toramizu  adalah anak 14 tahun yang tidak memiliki banyak hal yang terjadi baginya: dia rabun, tidak baik di sekolah, menyebalkan di olahraga,dan dia pendek! Tapi Ginta adalah seorang pemimpi dan telah mengalami mimpi yang sama 102 kali, selalu di dunia fantasi yang sama, di mana dia adalah seorang pahlawan diberkati dengan semua kemampuan dia tidak miliki dalam kehidupan nyata.
Lalu suatu hari seorang tokoh supranatural muncul di sekolah Ginta dan memanggil dia untuk sebuah dunia baru yang misterius dan menarik!, yang bernama MAR Heaven. Dalam alam semesta ini penuh dengan sihir yang aneh dang Ginta menjadi kuat, tangguh, tangkas - dan ia bisa melihat tanpa kacamata! Jadi, Ginta memulai petualangan dengan menggunakan senjata dikenal sebagai "arm," untuk melawan prajurit Chess yang dipimpin oleh Phantom. bersama Jack dan ke -5 orang lain,dan juga memiliki "arm" langka yang dapat berbicara berbentuk "kendama" yang bernama "Babbo".
Sekuel Lanjutan Mar, berjudul MAR Omega, diumumkan pada bulan September 2006.Sayangnya, tidak ditulis dan diilustrasikan oleh Nobuyuki Anzai, tetapi oleh Koichiro Hoshino.