Oi minna postingan kali ini gak sesuai blog tapi tak salahnya kan
kemaren tahu kan tanggal 20-23 di Malang,Jawa Timur ada festival malang kembali  atau juga disebut malang tempoe dulu (mtd).di sepanjang jalan ijen sepanjang 1,5 km,Festival kemaren dengan bertemakan Rekonstruksi budaya panji. Festival yang selama 4 hari ini berlangsung dengan berbagai event dan beberapa lapak stand dengan menjual berbagai makanan & minuman tradisional Indonesia, tak juga itu ada beberapa stand yang menjajahkan barang antik kreasi seni dll.
Mengenai budaya Panji berakar pada cerita Panji yang mengisahkan kehidupan tokoh Raden Panji (Panji Asmorobangun) dari Kerajaan Jenggala dan Putri Candrakirana (Dewi Sekartaji) dari Kerajaan Daha atau Kediri. Cerita ini dianggap sebagai karya cipta yang merupakan simbol kemunculan sastra lisan dari Jawa Timur sebagai wilayah kerajaan besar yang menyatukan Nusantara (Kerajaan Majapahit).
itu sekilas tentang tema.





Mengenai Acara mulai dari workshop, seminar internasional, berbagai seni pertunjukan, berbagai pameran,pasar rakyat, karnaval topeng, hingga pawai sepeda onthel. Bagi yang ingin mengikuti ngak afdol kalo gak pake batik atau baju yang jadul sebagai ciri khas festival ini.



Kita jadi ingat Festival matsuri Di Jepang yang merupakan istilah dari agama Shinto yang berarti “Persembahan ritual untuk kami” atau 
perayaan festival di Jepang. Banyak berbargai matsuri di Jepang yang diadakan sepanjang Tahun di bermacam tempat di Jepang
Biasanya matsuri diadakan untuk persembahan Dewa tapi beberapa juga diadakan dengan tidak ada keterkaitan dengan agama atau Perayaan saja.
Pada penyelenggaraan matsuri hampir selalu bisa ditemui prosesi atau arak-arakan mikoshi, dashi (danjiri) dan yatai yang semuanya merupakan nama-nama kendaraan berisi Kami atau objek pemujaan. Pada matsuri juga bisa dijumpai chigo (anak kecil dalam prosesi), miko (gadis pelaksana ritual), tekomai (laki-laki berpakaian wanita), hayashi (musik khas matsuri), penari, peserta dan penonton yang berdandan dan berpakaian bagus, dan pasar malam beraneka makanan dan permainan. 

Dan Bila Di Tempoe Dulu menggunakan batik Kebaya, dll di Jepang sebagai ciri khas menggunakan kimono atau Yukata keren kan!!! 


Tapi dengan adanya Festival tempoe dulu kita gak perlu pengen merasakan atsmofer Festival matsuri Di Jepang lagi, Sudah Tahun Kelima acara Festival Malang kembali Dilakukan semoga dengan ini kita dapat terus melestarikan buday Indonesia Kita Tercinta. dengan begini berharap ada Festival yang hampir serupa di daerah selain Malang.